Sabtu, 02 Februari 2013

Tips Agar Anak Suka Membaca

Bagaimana agar buah hati Anda hobi membaca? Berikut tipsnya:
  1. Biasakanlah menikmati cerita atau dongeng dengan anak Anda sejak ia masih kecil. Bahkan anak yang baru lahir dapat merasakan antusiasme Anda ketika sebuah cerita dibacakan kepada mereka.
  2. Luangkan waktu khusus untuk membaca setiap hari, sehingga Anda bersama anak bisa menikmati buku tanpa adanya gangguan. Ia akan memberikan sinyal lewat perilakunya ketika mulai bosan. Ketika hal itu terjadi, Anda bisa menghentikan kegiatan membaca. Mungkin akan lebih baik jika Anda biarkan mereka yang menentukan panjang waktu membacanya. Seiring pembentukan standar waktu yang tepat untuknya, anak Anda akan duduk dan mendengarkan untuk waktu yang lebih lama
  3. Jalinlah percakapan dengan anak Anda, karena percakapan adalah landasan untuk mengembangkan pemahaman membaca. Bangkitkan rasa ingin tahunya dengan pertanyaan, misalnya mengapa hal itu terjadi? Apa yang akan kamu lakukan dalam situasi seperti ini? Atau, siapa tokoh yang paling kamu sukai?
  4. Ketika anak Anda mulai mandiri memilih sendiri buku bacaannya, buatlah kegiatan membaca secara bergantian. Ini adalah saat yang tepat untuk membiasakan membaca dengan lebih lama, satu atau dua bab.
  5. Pastikan bahwa ia melihat Anda menikmati kegiatan membaca. Biarkan mereka melihat Anda menikmati membaca majalah, koran atau novel.
  6. Berkonsultasilah dengan guru di sekolah yang mengajarkan pelajaran membaca untuk mengetahui perkembangan anak Anda dan mengembangkannya di rumah.
  7. Jangan membatasi bacaan secara kaku berdasarkan umurnya. Jadikan umur sebagai panduan saja. Anak-anak kecil terkadang mampu mengembangkan pemahaman terhadap buku-buku yang bersifat agak ilmiah dan teknis. Jika tema buku itu mengena di hatinya maka ia akan menjadi ensiklopedia "berbicara” tentang tema tersebut kepada Anda.
  8. Biasakan menjadikan buku atau kartu langganan majalah sebagai hadiah.
  9. Karanglah sendiri cerita Anda. Bahkan seorang anak yang belum mampu menulis dapat bercerita kepada Anda. Catatlah cerita-cerita mereka. Ini akan membuat mereka tertarik untuk membuat catatan mereka sendiri dan sekaligus kesempatan mereka meningkatkan teknik menulisnya.
  10. Bermain kata-kata dengan kartu juga merupakan cara menyenangkan untuk mengembangkan kosa-kata mereka, seperti dengan scrabble. Bermainlah kata-kata dengan irama ketika berjalan bersama atau mengendarai mobil.
  11. Belikan anak Anda kamus. Ini tidak hanya bermanfaat sebagai pelajaran, namun juga memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengembangkan kosa-kata mereka.
  12. Selalu bawa buku bacaan ketika bersama dengan anak Anda. Cerita pendek merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melewatkan waktu.
sumber : esq-news.com

Related Posts :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar